Tutorial Software Hp | Download | Tips & Trick

November 3, 2017

Cara Flash Xiaomi Redmi 2

Kali ini zahwacell akan membahas Cara Flash Xiaomi Redmi 2 melalui fastboot mode,  saya lebih sering flash xiaomi menggungakan metode fastboot karena menurut saya lebih ampuh dalam mengatasi permasalah software yang terjadi pada hp xiaomi dan juga lebih mudah.

Selain itu hp xiaomi redmi 2 yang saya flash kebanyakan sudah dalam keadaan bootloop atau tidak dapat ke menu utama hp hanya sampai pada tulisan mi saja, jadi tidak bisa melakukan flash melalui recovery mode karena tidak bisa mngcopi firmware ke memori internal hp.

Dengan melakukan flash pada xiaomi redmi 2 hp anda yang tadinya mengalami bootloop akan kembali normal setelah melakukan flash asalkan kerusakan yang terjadi adalah kerusakan software bukan pada hardware. Selain bootloop dengan cara ini juga dapat mengatasi hp anda yang mengalami kerusakan software lainnya seperti hp sering Hank dan tidak dapat dioperasikan, hp terasa lemot, hp sering restart sendiri atau masalah lainnya yang berhubungan dengan software hp.

Saya juga ingin mengingatkan kembali kepada anda untuk membackup data-sata anda yang berada pada memori internal hp karena akan terhapus semua setelah flash dilakukan dan usahakan batre hp minimal 50% untuk jaga-jaga agar hp tidak mati kehabisan daya saat proses flash sedang berlangsung (DO WITH YOUR OWN RISK).

Untuk sekedar informasi tentang rom Xiaomi, ada 2 macam tipe rom xiaomi yaitu rom china dan rom global. Rom china sendiri sebenarnya dikhususkan untuk pengguna hp xiaomi yang berada di china, jadi hanya ada 2 bahasa pada rom tersebut yaitu china dan inggris, juga tidak ada aplikasi google seperti google play store. Sedangkan untuk rom global sudah disertai dengan berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia dan juga sudah ada aplikasi google.

Jadi anda bebas untuk memilih rom mana yang akan anda gunakan untuk melakukan flash pada xiaomi redmi 2 anda.

Sebelum melakukan flash silahkan anda download Rom, Driver dan Software pendukung lainya dibawah:


Setelah anda mendownload semua bahan yang dibutuhkan lalu lanjut untuk flash

Cara Flash Xiaomi Redmi 2

  1. Extract semua bahan yang sudah didownload tadi, jadikan satu folder jika perlu agar mudah mencarinya
  2. Khusus untuk Firmware jika masih berbentuk .Rar rename akhirannya menjadi .tgz
  3. Install Xiaomi Pc Suite dikomputer anda untuk menginstall driver
  4. Selanjutnya install juga  Xiaomi Mi Flash
  5. Setelah selesai menginstall Xiaomi Mi Flash lalu jalankan aplikasinya
  6. Setelah terbuka klik tombol Browse pada Mi Flash dan arahkan pada folder firmware dimana anda tadi mengextractnya klik OK
    Cara Flash Xiaomi Redmi 2
  7. Matikan ponsel Xiaomi anda kemudian masuk keFastboot mode dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan
  8. Hubungkan hp menggunakan kabel data dengan komputer
  9. Lalu klik tombol Refresh pada Mi Flash jika hp anda sudah terhubung akan muncul serial hp anda pada Mi Flash
  10. Pada Xiaomi Mi Flash pilih CLEAN ALL untuk menghapus semua data yang ada dimemory internal atau anda bisa memilih opsi lain sesuai keinginan anda. Saya lebih sering memilih opsi Clean All agar semua kembali seperti baru kemudian klik tombol Flash maka proses flash akan berjalan
    Cara Flash Xiaomi Redmi 2
  11. Proses flash akan berjalan dan tunggu hingga selesai
  12. Selesai

Jika proses flash sudah selesai dan berhasil hp akan restart dengan sendiri biasanya untuk boot pertama memakan waktu 10 sampai 20 menit. anda tunggu saja sampai berhasil masuk menu utama dan lakukan pengaturan awal pada hp setelah diflash.

Apabila pada saat proses flash berjalan terjadi erorr seperti gambar dibawah

Itu dikarenakan ada kesalahan pada penulisan folder tempat anda menaruh firmware atau nama folder yang berhubungan kefolder firmware. Rename nama folder tersebut dan hilangkan SPASI.
  • Nama Folder yang salah : C://users/zahwa cell/desktop/firmware xiaomi redmi 2
  • Nama Folder yang benar : C/user/zahwacell/desktop/firmwarexiaomiredmi2
Jika sudah anda rename silahkan anda ulangi proses flash kembali

Baca juga : Cara Flash Hp Samsung J2

Terima kasih

2 comments: